Bupati Tapanuli Utara Serahkan Bantuan kepada Korban Bencana Putingbeliung

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam puting beliung di Desa Bahal Batu 1 dan Bahal batu 3

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam puting beliung di Desa Bahal Batu 1 dan Bahal Batu 3 Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara, Sabtu (2/4/2022).

Pada acara penyerahan bantuan itu, Bupati didampingi Asisten III, Kepala Dinas Sosial Bahal Simanjuntak, Kadis PU PR Dalan Simanjuntak, Kadis Perkim PUTR Budiman Gultom, Kaban BPBD Bonggas Pasaribu, beberapa kepala bagian, Uspika Siborongborong dan Kepala Desa Marihot Lumbantoruan.

Dalam bagian sambutanya Bupati menyampaikan rasa prihatin dan sedih atas bencana alam puting beliung di Desa Bahalbatu. Katanya, cuaca ekstrem saat ini tidak bisa terprediksi dan bencana alam terjadi di mana-mana.

“Saya berada di luar daerah kemarin. Itulah sebabnya saya terlambat mengunjungi Amang Inang,” ujar Bupati dan berharap bantuan yang ia berikan bermanfaat untuk kebutuhan keluarga.

“Semoga Tuhan yang memberikan kekuatan bagi warga korban bencana puting beliung. Dan, semoga semua warga yang kena dampak mendapatkan semangat dan kekuatan untuk tetap melakukan kegiatannya. Juga, dalam bantuan saat ini dari rusak berat, sedang dan ringan berbeda rupa bantuan,” sebut Bupati.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar membangun rumah minimal 4 meter dari bahu jalan.

Sebelumnya Camat Erwan Hutagalung melaporkan, Kamis (31/3/2022) lalu, dua desa di Kecamatan Siborongborong, yaitu Desa Bahal Batu 1 dan 3 diterpa angin kencang puting beliung.

Rumah masyarakat, ruang sekolah, dan tempat ibadah berdampak rusak berat dan ringan. Angin menerpa seng rumah, tempat ibadah, dan ruang sekolah. Juga, kantor kepala desa diterpa dengan kuatnya, memporak-poranda seng atap rumah, tempat ibadah, ruang sekolah dan kantor kepala desa.

“Di Bahal Batu 1 ada 46 rumah dan Bahal Batu 3 ada 23 rumah dengan keadaan kerusakan berat, sedang dan ringan,”ujar camat.

Pada kesempatan itu, mewakili korban warga Desa Bahal Batu, Naek Pardamean Sihombing (70), juga mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang segera menanggapi penderitaan korban.

Bupati Tapanuli Utara memberikan semangat dan motivasi juga memberikan bantuan berupa beras, mie instan, telur, dan sekantong plastik berupa susu kaleng, gula dan sejumlah santunan uang kepada warga Desa Bahal Batu 1 dan 3.

Digarisbawahi Bupati, bantuan Pemkab Tapanuli Utara yang diberikan kepada warga akan bervariasi. Rusak berat, sedang dan ringan, berbeda nilai nominal uang santunannya.

Usai acara memberikan bantuan bencana puting beliung, Bupati menyempatkan ke rumah warga Rosma Panjaitan (47), yang atap rumahnya terangkat seluruhnya dan terlihat nyangkut di atas pohon belakang rumahnya.

Bupati meminta semua pihak, kepala desa, camat, TNI-Polri untuk bergotong-royong membantu percepatan agar rumahnya dapat dihuni Rosma Panjaitan.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment